10 Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik dengan Fitur yang Lengkap

Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik
Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik

Veripay.id – Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik Dalam dunia audio, equalization (equalizer) adalah teknik penting yang digunakan untuk mengatur keseimbangan pada komponen frekuensi suara. Dulu, untuk melakukan teknik ini, orang perlu menggunakan perangkat keras khusus yang disebut equalizer. Namun, dengan berkembangnya teknologi, aplikasi equalizer PC hadir sebagai solusi praktis untuk mengoptimalkan suara sesuai keinginan.

Aplikasi equalizer PC menyajikan kemudahan dalam mengontrol dan menyesuaikan suara tanpa memerlukan perangkat keras tambahan. Pengguna PC sekarang dapat mengubah pengalaman mendengarkan mereka dengan cepat dan mudah menggunakan aplikasi equalizer yang tersedia di pasaran.

Salah satu keunggulan utama aplikasi equalizer PC adalah kemampuannya untuk memberikan kontrol yang mendalam atas berbagai elemen audio. Dalam setiap aplikasi, pengguna dapat menemukan berbagai fitur yang dapat disesuaikan sesuai preferensi mereka.

Dengan bantuan aplikasi equalizer PC, pengguna dapat mengubah pengalaman mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game dengan mudah. Mereka dapat menyesuaikan suara sesuai dengan preferensi mereka, menciptakan lingkungan mendengarkan yang sempurna untuk kegiatan sehari-hari mereka.

Rekomendasi Aplikasi Equalizer PC Terbaik

Tidak hanya mempermudah pengaturan suara, aplikasi equalizer PC juga memungkinkan pengguna menghemat waktu dan usaha. Mereka tidak perlu lagi menggunakan perangkat keras tambahan yang rumit atau menghabiskan waktu mencari tahu cara mengoperasikannya.

Dengan sekali klik, mereka dapat mengoptimalkan kualitas audio perangkat mereka sesuai dengan keinginan, memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik dan memuaskan. Dengan begitu, aplikasi equalizer PC telah menjadi alat yang sangat dihargai bagi penggemar audio yang mengutamakan kualitas suara yang luar biasa.

Pilihan Aplikasi Equalizer PC Berkualitas

Alat penyeimbang suara ini bisa menyeimbangkan suara output yang nantinya akan dinikmati di berbagai jenis perangkat, misalnya di komputer atau smartphone. Memang, ada beberapa PC yang sudah mempunyai equalizer bawaan, tapi untuk menikmati fitur lengkap, gunakan aplikasi berikut ini.

1. Realtek HD Audio Manager

Pilihan yang pertama ini sangat direkomendasikan karena mempunyai berbagai konfigurasi yang cukup lengkap. Dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, pengguna bisa melakukan berbagai kustomisasi, khususnya pada output suara. Banyak efek suara tersedia di dalam aplikasi yang terbaik ini.

Misalnya saja ada efek suara club, rock, pop, jazz, dan lain sebagainya. Tinggal sesuaikan dengan selera pribadi saat akan menggunakan berbagai efek tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan berbagai efek tambahan.

Misalnya adalah efek suara hutan, air hujan, kerumunan, dan lain sebagainya. Efek suara bukan satu-satunya kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Beberapa kelebihan lainnya adalah:

Bisa digunakan di berbagai versi

Aplikasi Realtek ini bisa dipasang serta dijalankan di perangkat Windows, mulai dari Windows 11, 10, 8, dan 7. Bahkan, pengguna juga bisa memasang dan menjalankan aplikasi ini di perangkat Windows Vista maupun Windows XP.

Fitur cukup lengkap

Berbagai pilihan tersedia untuk mikrofon dengan fitur yang sangat lengkap. Beberapa contohnya adalah fitur equalizer, peredam bising, dan Power Management. Fitur Power Management bisa diakses dengan mudah melalui ikon kecil yang ada di dekat ikon baterai pada taskbar.

Pemasangan otomatis

Proses instalasi aplikasi Realtek ini bisa berlangsung secara otomatis sehingga pengguna hanya perlu menunggu saja hingga proses pemasangan selesai untuk bisa menggunakannya.

2. PC Equalizer

Pilihan lainnya adalah PC Equalizer yang juga dirancang agar pengguna komputer bisa memanfaatkan pengaturan EQ API dengan lebih mudah. Sehingga para penggunanya bisa mengakses serta mengubah pengaturan kualitas suara yang dikeluarkan oleh perangkat komputer.

Dengan aplikasi yang satu ini, pengguna PC bisa meningkatkan kualitas suara yang akan dikeluarkan oleh PC. Dengan software ini, pengguna bisa mengubah musik menjadi genre yang disukai saat akan mendengarkan musik tersebut.

Pengguna bisa mengubah musik menjadi rock, RnB, klasik, dan sebagainya. Aplikasi PC Equalizer juga menghadirkan berbagai fitur seperti:

20 Band EQ

Aplikasi PC Equalizer punya banyak fitur unggulan. Yang pertama adalah Band EQ yang jumlahnya sangat banyak, yaitu mencapai 20 pilihan. Semuanya bisa digunakan dengan mudah dan bebas.

Built preset

Pengguna juga bisa mengubah pengaturan EQ sesuai dengan keinginan. Contohnya adalah dengan menambahkan bass sampai membuat vokal menjadi lebih kuat. Pengguna juga bisa menyimpan pengaturan tersebut sebagai preset sehingga bisa digunakan dengan lebih praktis.

Support aplikasi lain

Saat mengatur EQ pada aplikasi PC Equalizer, pengguna juga bisa memainkan musik di berbagai jenis media player atau pemutar media. Misalnya, musik yang dihasilkan bisa dimainkan di Winamp, Media Player untuk Windows 11, Windows Media Player, atau pemutar media lainnya.

3. Equalizer APO

Merupakan suatu aplikasi lainnya yang bisa digunakan di perangkat komputer juga. Aplikasi equalizer PC yang satu ini mampu membuat kualitas suara meningkat dan bisa juga memberikan efek 3D sehingga video atau lagu pun akan menjadi lebih prima.

Seperti halnya aplikasi yang kedua, aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan di berbagai perangkat Windows, mulai dari 7 hingga 11. Di dalam aplikasi ini ada dua jenis equalizer yang bisa digunakan. Yang pertama adalah yang nilai frekuensinya telah ditentukan, yaitu 31 band dan 15 band.

Kemudian pilihan yang kedua adalah yang nilai frekuensinya masih berupa variabel dan bisa diubah. Equalizer APO hadir dengan berbagai keunggulan, yaitu:

Mudah digunakan

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, asalkan penggunanya sudah familiar atau terbiasa dengan berbagai istilah yang sering digunakan dalam dunia equalization. Misalnya, ada istilah seperti channel, gain, preamp, high pass, low pass, dan lain sebagainya.

Tab konfigurasi lengkap

Di jendela utama aplikasi Equalizer APO terdapat tiga tab konfigurasi yang bebas digunakan dan diutak-atik. Bahkan pengguna juga bebas membuat tab konfigurasi sendiri serta memasukkan ke dalamnya berbagai filter seperti loudness, high shelf, low shelf, notch, dan preamp.

4. Blue Cat’s Triple EQ

Bagi yang membutuhkan alat yang lebih kompleks, maka ada aplikasi equalizer PC yang bernama Blue Cat’s Triple EQ. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini tidak hanya mumpuni tapi juga sangat lengkap dan bervariasi.

Penggunanya bisa mengatur rendah tingginya frekuensi suara dengan menggunakan parameter yang telah divisualisasikan dengan baik. Di dalamnya juga ada dukungan multi-channel sehingga pengguna bisa memakai preset milik pribadi untuk berbagai macam aplikasi yang ada di komputer.

Yang membuat aplikasi ini lebih unggul adalah adanya versi khusus untuk perangkat Windows dan versi lainnya untuk perangkat MacOS. Selain itu, ada juga kelebihan lainnya, yaitu:

Tidak membebani CPU

Ketika aplikasi Blue Cat’s Triple EQ dalam kondisi idle, pemrosesan akan dimatikan sehingga aplikasi ini tidak akan membuat CPU menjadi terbebani. Penggunaan CPU pun akan menjadi lebih optimal.

Antarmuka menarik

Antarmuka pengguna pada aplikasi Blue Cat’s Triple EQ bisa disesuaikan dengan zoom dan transparansi sehingga akan lebih memudahkan setiap penggunanya.

Filter lengkap

Aplikasi gratis yang satu ini menawarkan tiga filter yang menarik, yaitu boost/cut peak filter, high shelf filter, dan low shelf filter. Ketiga filter tersebut saling berhubungan satu sama lain sehingga ketiganya akan ikut dimodifikasi ketika pengguna mengubah pusat frekuensinya.

5. Bongiovi DPS

Yang kelima adalah aplikasi Bongiovi DPS yang ukurannya hanya 13 MB saja. Meskipun kecil, aplikasi ini mampu menyediakan fitur yang lengkap bagi yang membutuhkan equalizer berkualitas. Dan para pengguna yang membutuhkan equalizer yang mudah digunakan, Bongiovi DPS adalah solusinya.

Ada dua versi aplikasi Bongiovi DPS yang bisa digunakan, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Gunakan versi berbayar jika membutuhkan aplikasi equalizer yang bisa mengatur tingkat treble dan juga bass yang dihasilkan.

Fitur yang tersedia di versi gratisnya lebih terbatas. Tapi beberapa fitur dalam versi gratis tersebut sudah cukup untuk mengubah output suara dengan menggunakan preset yang tersedia. Beberapa teknologi dalam Bongiovi DPS antara lain:

Acoustic Labs DPS

DPS sendiri merupakan singkatan Digital Power Station, yaitu serangkaian algoritma dalam aplikasi equalizer PC Bongiovi yang dikembangkan sehingga memungkinkan para pengguna aplikasi untuk menciptakan suara produk seolah seperti hasil rekaman studio.

Dukungan untuk berbagai platform

Rangkaian algoritma DPS telah di porting ke berbagai platform umum. Sehingga pemrosesan audio dalam aplikasi ini nantinya bisa diimplementasikan di berbagai platform yang berbasis perangkat lunak dan perangkat keras.

6. FXSound

FXSound berusaha keras untuk membuat pengalaman menikmati musik menjadi jauh lebih menyenangkan. Semuanya berkat kemampuan aplikasi ini dalam meningkatkan kualitas audio menjadi lebih prima. Pengguna bisa memakai aplikasi untuk mengatur frekuensi suara.

Frekuensi suara bisa diatur menjadi 110HZ hingga 15KHz. Bagi yang ingin lebih sederhana, gunakan preset bawaan yang telah diatur agar sesuai dengan standar equalizer terkini. Saat ini, FXSound untuk Windows hadir dalam dua pilihan, yaitu berbayar dan trial.

Gunakan versi berbayarnya karena versi ini mempunyai dukungan pengaturan yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan versi trialnya. Kenapa harus mempertimbangkan FXSound?

Fiturnya lengkap

Alasan utama memakai FXSound adalah fiturnya yang sangat banyak. Aplikasi yang satu ini bisa membantu pengguna memperoleh kualitas audio yang lebih bagus. Music atau audio apapun dengan suara yang kurang bagus akan menjadi lebih keren berkat fitur lengkap FXSound.

Mendukung berbagai aplikasi

FXSound bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi music player. Beberapa aplikasi music player yang saat ini sudah mendukung FXSound adalah iTunes, VLC, Spotify, dan lain sebagainya. Jadi, pengguna bisa menentukan aplikasi favorit untuk mendengar lagu yang sudah diedit.

Ukuran aplikasi kecil

Alasan lain menggunakan FXSound adalah karena aplikasi equalizer PC ini mempunyai aplikasi yang ukurannya sangat kecil, yaitu hanya 5 MB saja. Aplikasi yang satu ini juga tidak akan membebani performa perangkat yang spesifikasinya standar.

7. iZotope Ozone Standard

Kemudian ada aplikasi lain yang bernama Ozone 10 Standard dari iZotope. Aplikasi yang satu ini menawarkan trial selama 10 hari. Setelah 10 hari, pengguna bisa mendapatkan Ozone 10 dengan biaya yang masuk akal.

Selain Ozone 10, iZotope sebenarnya mempunyai aplikasi equalizer yang lainnya. Tapi saat ini Ozone 10 adalah yang paling canggih dalam dunia equalization. Aplikasi yang bisa dipasang di Windows 10 ini bisa digunakan untuk membantu pengguna agar bisa menguasai semua fitur dengan lebih cepat.

Apa saja yang membuat aplikasi Ozone 10 Standard lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi equalizer yang lainnya?

Impact module

Impact module memungkinkan pengguna untuk menambahkan gerakan musik dan meningkatkan ritme serta nuansa musik. Caranya adalah dengan mengendalikan mikrodinamika dengan empat slider yang tersedia. Keempatnya bisa digunakan di berbagai pita frekuensi.

Tampilan lebih baik

Ozone 10 hadir dengan tampilan baru yang sengaja dirancang demi membantu pengguna menguasai aplikasi dengan lebih mudah. Dengan fitur Assistant View, pengguna bisa langsung masuk ke bagian pusat kontrol sehingga bisa mendapatkan hasil yang personal dan cepat.

8. EarTrumpet

Bagi yang tidak memerlukan aplikasi equalizer PC yang terlalu kompleks, EarTrumpet adalah pilihan terbaik. Aplikasi yang satu ini menawarkan ukuran yang kecil dan tidak akan membuat prosesor terbebani. Selain itu, EarTrumpet juga menawarkan pengaturan audio standar.

Artinya, pengguna bisa memakai EarTrumpet di berbagai jenis software yang sudah dipasang di PC maupun laptop. Ada satu fitur yang bisa digunakan untuk mengubah volume di setiap software. Semuanya bisa dilakukan di EarTrumpet yang mempunyai tampilan sederhana dan minimalis.

EarTrumpet versi terbaru memberikan beberapa kelebihan bagi para pengguna Windows, khususnya Windows 11. Beberapa kelebihan tersebut adalah:

Performa lebih baik

Pembaruan yang telah ditambahkan ke aplikasi EarTrumpet membuat aplikasi equalizer tersebut jadi bisa bekerja dengan lebih cepat dan tidak lagi memakan terlalu banyak penyimpanan. Selain itu, masalah bug juga sudah diperbaiki sehingga pengguna bisa merasa lebih nyaman.

Pengaturan untuk setiap aplikasi

EarTrumpet menyediakan berbagai pilihan untuk mengatur volume pada setiap aplikasi. Misalnya, pengguna bisa mengatur volume Skype, Spotify, Microsoft Edge, dan aplikasi lainnya secara terpisah, melalui beberapa slider yang disediakan di taskbar.

Tampilan lebih menarik

Nantinya, aplikasi EarTrumpet akan menggantikan ikon speaker yang ada di bagian taskbar. Karena menyediakan beberapa slider, satu slider untuk setiap aplikasi, maka EarTrumpet akan membuat tampilan taskbar menjadi lebih menarik.

9. Peace Equalizer

Aplikasi yang satu ini cocok untuk perangkat Windows versi terbaru, yaitu Windows 11 dan Windows 10. Peace Equalizer sendiri merupakan suatu aplikasi yang cukup bisa diandalkan dan dirancang untuk para pecinta musik. Di dalamnya hadir berbagai fitur lengkap untuk kustomisasi audio.

Peace Equalizer tidak hanya mengatur suara yang akan dikeluarkan melalui kurva yang bisa diubah sesuka hati. Pengguna juga bisa memanfaatkan preset yang telah ada. Selain itu, pengguna juga bisa mengubah background dan layout dari kurva yang tersedia.

Berbagai fitur keren sudah ditambahkan ke dalam Peace Equalizer dan memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan aplikasi equalizer PC ini dengan lebih mudah lagi. Contoh fiturnya antara lain:

Preset

Pengguna yang telah mengonfigurasi equalizer bisa menyimpannya dengan menggunakan fitur preset. Setelah disimpan, konfigurasi tersebut bisa digunakan secara langsung tanpa harus membuat konfigurasi baru.

Automatic start

Proses penggunaan aplikasi Peace Equalizer tidak serumit yang dibayangkan. Program yang satu ini bisa bekerja dengan sangat baik, bahkan ketika pengguna ingin menggunakan aplikasinya untuk memainkan audio tertentu.

Support headphone

Tidak hanya mendukung pemasangan pada speaker, aplikasi yang satu ini juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan pengaturan pada headphone sehingga bisa merasakan perbedaan kualitas audio yang telah diedit di komputer.

10. Breakaway Audio Enhancer

Terakhir, Breakaway Audio Enhancer adalah aplikasi equalizer yang kualitasnya juga bagus. Aplikasi ini mudah untuk digunakan dan punya ukuran yang ringan. Breakaway Audio Enhance bisa membantu mengatur equalizer dalam waktu yang cukup cepat.

Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan fitur lengkap dalam meningkatkan kualitas suara atau audio. Misalnya, aplikasi ini mampu memperbaiki lagu yang dirilis pada tahun 80-an, saat kualitas lagu kurang bagus dan bisa ditingkatkan dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Fitur dalam aplikasi ini sangat bervariasi. Tapi yang paling menarik adalah kemampuannya dalam menyesuaikan nada secara otomatis. Beberapa keunggulan lainnya antara lain:

Konfigurasi lengkap

Pengguna bisa menyesuaikan berbagai parameter audio dengan menggunakan fitur konfigurasi yang cukup lengkap. Misalnya ada pengaturan waktu, amplitude, dan juga frekuensi. Breakaway Audio Enhancer juga punya banyak alat untuk memperbaiki kualitas suara.

Mendukung berbagai perangkat

Selain bisa digunakan di berbagai sistem operasi, Breakaway Audio Enhancer juga bisa dipasang dan dijalankan di berbagai jenis perangkat. Hal ini sangat bermanfaat jika pengguna sering gonta-ganti perangkat dalam mengubah lagu atau musik dan meningkatkan kualitasnya.

Jenis dan pilihan aplikasi equalizer PC memang sangat bervariasi. Pengguna bebas memilih yang paling bagus dengan fitur yang paling lengkap. Pastikan untuk menyesuaikan jenis aplikasi dengan kemampuan PC sehingga PC tidak akan terbebani dengan aplikasi yang terlalu besar.

Penulis: Iwayan Jade Me'eEditor: Bagas Suhendro

Tinggalkan Balasan