4 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh dan Solusinya

4 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh dan Solusinya
4 Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh dan Solusinya

Veripay.id – Walaupun aplikasi WhatsApp sudah dibekali dengan fitur keamanan enkripsi end-to-end, namun bukan berarti aplikasi bebas dari risiko penyadapan. Nah, maka dari itu kamu perlu memahami cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh, sehingga bisa mengatasinya dengan cepat dan tuntas.

Penyadapan pastinya akan membuat seluruh aktivitas yang kamu lakukan dipantau oleh orang lain mulai dari pesan yang dikirimkan, file, isi kontak, dan informasi lainnya. Jika dibiarkan, penyadap bisa mengetahui semua akun data pribadimu, kemudian sewaktu-waktu bisa disalahgunakan seenaknya.

Cara mengetahui WA disadap jarak jauh sebenarnya cukup mudah, hanya saja banyak pengguna WA yang belum tahu. Pihak WhatsApp juga akan memfasilitasi aduan para penggunanya yang merasa akunnya disadap orang lain, sehingga permasalahan tidak mengakibatkan dampak fatal.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Jarak Jauh dengan Cepat

Tentunya ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa akun WA disadap seperti mengirim pesan yang tidak pernah dikirim, status online padahal tidak aktif, dan masih banyak lagi. Jika ingin coba untuk memastikan penyadapan, bisa ikuti beberapa alternatif pakar berpengalaman kali ini.

1. Memastikan Perangkat Lain yang Login ke WhatsApp

Cara pertama untuk mengetahui WhatsApp disadap atau tidak dengan memastikan perangkat lain yang mencoba login. Ketika ada perangkat lain yang tidak dikenali tiba-tiba login, maka sudah pasti WhatsApp-mu sedang disadap oleh orang lain dengan perangkat tertentu.

  • Silahkan buka aplikasi WhatsApp, kemudian ikon “Titik Tiga” dan buka menu “Perangkat Tertaut” untuk menampilkan data perangkat lain yang login.
  • Coba perhatikan daftar perangkat yang ditampilkan, kemudian kenali beberapa diantaranya manakah yang tidak kamu ketahui.

Ketika ada perangkat lain yang tidak dikenali, kemudian melakukan login berkali-kali, tentunya kamu patut mencurigai perangkat tersebut. Sudah pasti perangkat berniat untuk menyadap isi WhatsApp-mu, sehingga segera lakukan pengaduan untuk menghentikan penyadapan.

2. Terima Pesan Kode Verifikasi WhatsApp

Cara cek WhatsApp disadap atau tidak bisa dengan memastikan pesan kode verifikasi yang diterima dari pihak WhatsApp. Coba cek menu SMS, mungkin saja ada pesan masuk yang berisi informasi mengenai kode verifikasi aplikasi WhatsApp milikmu sendiri.

  • Buka menu SMS pada HP sesuai dengan nomor yang sudah terdaftar pada aplikasi WhatsApp.
  • Buka pesan dari pihak WhatsApp, kemudian apabila berisi kode OTP (One Time Password” berarti ada pihak yang berusaha login.

Ketika kamu tiba-tiba menerima SMS dari pihak WhatsApp, bisa jadi orang yang berusaha masuk akunmu mau berencana menyadap. Segera ajukan laporan kepada pihak WhatsApp agar hacker tidak bisa login dan mengakses akses pesan yang ada didalamnya.

3. Tidak Bisa Melakukan Panggilan WhatsApp

Jika memang akun WhatsApp sedang disadap, tentunya banyak tanda-tanda yang sudah kamu rasakan. Cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh berikutnya dengan mencoba melakukan panggilan sesuai dengan tahapan yang ada di bawah ini.

  • Buka laman “Chat Room WhatsApp”, kemudian klik icon “Cari” untuk mengetik kontak yang ingin dihubungi.
  • Klik tombol “Telepon” untuk melakukan panggilan kepada kontak tersebut. Jika HP tidak dapat melakukan panggilan, berarti akunmu sedang disadap.

Mengapa akun WhatsApp yang disadap tidak dapat melakukan panggilan? Hal ini terjadi karena ada pihak lain yang menggunakan nomor telepon tersebut. Selama penyadap masih menggunakan akun WA, fungsi fitur aplikasi banyak yang tidak berfungsi dengan baik.

4. Baterai HP Cepat Habisnya

Ketika akun WhatsApp digunakan oleh banyak perangkat, secara otomatis akan membuat penggunaan baterainya cepat habis. Kamu bisa membuka laman setting smartphone, lalu ketahui penyebab baterai cepat habis dan aplikasi yang banyak menyerap dayanya.

  • Silahkan buka “Setting” smartphone, kemudian tap menu “Baterai” untuk mengetahui informasi secara detailnya.
  • Pada laman baterai, kamu akan menemukan opsi “Peringkat” yang berisi informasi aplikasi yang paling banyak menyerap daya baterai.

Pada umumnya aplikasi WhatsApp hanya menyerap daya baterai sedikit, apalagi kalau kamu hanya menggunakannya untuk pesan teks. Jika WhatsApp selalu menjadi aplikasi yang banyak menyerap daya baterai, maka kemungkinan besar memang sedang disadap orang lain.

Bagaimana Mengatasi WhatsApp yang Disadap Jarak Jauh?

Jika memang kamu meyakini bahwa akun WhatsApp sedang disadap, sebaiknya segera lakukan alternatif untuk mengatasinya. Tujuannya untuk mencegah bahwa pelaku yang melakukan tindak penyadapan tidak menyalahgunakan informasi dan data pribadi di dalamnya.

1. Menginstall Kembali Aplikasi WhatsApp

Setelah mengetahui cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh, kamu perlu segera lakukan langkah selanjutnya untuk mengatasinya. Cara pertama yang bisa dilakukan dengan uninstall aplikasi WhatsApp, kemudian menginstalnya kembali untuk menghilangkan jejak.

Pada umumnya saat menginstall kembali akun WhatsApp, pengguna akan mendapatkan kode OTP baru berisi 6 digit. Hanya dengan menggunakan kode OTP tersebut, kamu bisa akses informasi WhatsApp dan orang lain tidak akan mudah ikut mengaksesnya.

2. Menonaktifkan Akun WhatsApp

Ketika kamu sudah mengetahui bahwa WhatsApp sedang disadap, segera nonaktifkan akun WhatsApp tersebut. Kirim email ke [email protected] untuk membantu membuat akun WA tidak aktif agar penyadap terbatas saat akan menyalahgunakannya kembali.

Setelah berhasil mengirimkan email, kamu akan mendapatkan balasan dan bisa menggunakan akun WhatsApp kembali 30 hari kemudian. Tindakan seperti ini cukup efektif karena hacker tidak akan mudah login dan mengakses kembali akun WhatsApp seperti sebelumnya.

3. Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah

Melakukan verifikasi 2 langkah merupakan salah satu cara mengantisipasi WA disadap. Setting ini bisa ditemukan pada setiap aplikasi dalam smartphone, sehingga mengaktifkannya sangat mudah. Untuk melakukan verifikasi 2 langkah, bisa dilakukan dengan langkah berikut ini.

  • Silahkan klik opsi “Titik Tiga” yang letaknya ada di bagian pojok kanan atas. Klik menu “Pengaturan”, kemudian klik “Akun”.
  • Akan muncul menu “Verifikasi Dua Langkah” atau “Two Step Verification”, kemudian klik “Enable” untuk memasukkan “6 Digit Kode Rahasia”.
  • Kamu bisa mengaktifkan email untuk memulihkan kata kunci, dengan begitu aplikasi tidak sembarang digunakan oleh orang lain.

Tidak hanya pada aplikasi WhatsApp, kamu juga bisa mengaktifkan aturan “Verifikasi Dua Langkah” pada aplikasi lain yang dianggap berisi data penting. Dengan mengaktifkannya, nanti ada informasi dari smartphone apabila ada akun lain yang akan mengakses aplikasi tersebut.

4. Menggunakan WhatsApp Resmi

Cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh memang mudah, namun untuk memulihkan akun bisa rumit untuk beberapa orang. Walaupun hacker atau penyadap tidak melakukan tindakan merugikan, namun tetap pastikan kamu menggunakan aplikasi WhatsApp resmi.

Saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi WhatsApp MOD yang dikenal sebagai aplikasi ilegal dan penyebab terbesar penyadapan. Apalagi kamu yang menggunakan akun bisnis, bisa saja penyadap sengaja ingin mencari keuntungan dan mencuri data bisnis penting.

Intinya ketika kamu sudah sering mendapatkan notifikasi aneh, WhatsApp sering lag, dan banyak kejanggalan pada perpesanan besar kemungkinan WA sudah disadap. Untuk memastikannya, bisa langsung ikuti beberapa cara mengetahui dan solusi yang sudah dijelaskan di atas

Cara mengetahui WhatsApp disadap jarak jauh bisa dilakukan dengan memastikan perangkat lain yang login, terima pesan kode, dan tanda lainnya. Segera mungkin lakukan tindakan terbaik agar penyadap tidak melakukan pencurian data dan hal yang bisa merugikan lainnya.

Tinggalkan Balasan