[Update] 3 Hal yang Mesti Dimaksimalkan Arema FC untuk Raih Poin Penuh dari Bali United

Gol Dedik Setiawan disambut Maulana Syarif usai cetak ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-18 Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Kamis (02/11/23). (Foto: MO Arema FC)

Veripay.id – Komposisi terbaru Arema FC akan segera kembali diuji pada pekan ke-21 Liga 1 2023/2024, saat menantang tuan rumah Bali United, Senin (04/12/23).

Tim berjulukan Singo Edan jelas membutuhkan tambahan angka jika masih ingin mempertahankam eksistensi mereka di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air.

Syaratnya jelas menang, meski untuk mencapai itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, kans itu bukannya tertutup melawan Bali United.

Lantas, apa saja faktor yang membuat Arema FC lebih diunggulkan menang atas Bali United? Berikut ini 3 hal yang wajib dimaksimalkan Arema FC untuk memetik 3 poin.

Unggul Recovery

Arema FC jelas lebih unggul atas faktor ini. Pasalnya, masa istirahat Tim Singo Edan lebih banyak dibanding tim berjulukan Serdadu Tridatu itu.

Anak asuh Fernando Valente punya waktu untuk istirahat selama satu pekan usai laga menjamu Persik Kediri Senin (27/11/23). Laga melawan Bali United juga Senin (04/12/23).

Sementara itu, Bali United mesti berpeluh keringat di tengah pekan. Anak asuh Stefano Teco Cugurra harus menjalani kewajiban di AFC Cup.

Bali United mendapat suntikan motivasi berkat kemenangan 5-2 atas Stallion FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali, Rabu (29/11/23).

Namun, waktu istirahat yang kurang dari 5 hari praktis menjadi handicap. Situasi inilah yang mesti dimanfaatkan Arema FC, seiring rotasi pemain lawan yang hampir pasti dilakukan.

Motivasi Pemain

Faktor lain mengapa Arema FC lebih diunggulkan menang, adalah motivasi yang terus meninggi. Bagaimana mereka masih akan berjuang untuk menghindari degradasi.

Saat ini, Tim Singo Edan belum beranjak dari zona merah setelah terpendam di urutan 16 klasemen Liga 1 dengan 18 poin. Sayang, jarak dengan zona aman mulai jauh.

Kekalahan 0-1 menjamu Persik Kediri, membuat Arema FC terpaut 4 angka dengan Persita Tangerang dan Persebaya Surabaya yang berada di batas aman lewat koleksi 22 poin.

Sebaliknya, Bali United ditengarai sudah tak lagi punya motivasi kuat. Target melaju ke semifinal AFC Cup yang gagal, bisa jadi membuat motivasi Eber Bessa dkk turun.

Sedangkan posisi mereka sudah sangat aman di Liga 1. Tinggal bagaimana mereka bisa mengamankan posisi 3 dengan 36 poin, untuk bersaing ke babak championship.

Pertahanan Rapuh

Dibalik agresivitas lini serang, Bali United ternyata tak mengimbanginya di lini pertahanan. Sektor itu menjadi yang paling rapuh di tubuh Tim Serdadu Tridatu.

Dalam 4 laga terakhir baik Liga 1 maupun AFC Cup, Irfan Jaya dkk memang sukses menjaringkan 9 gol. Tapi, gawang mereka juga sudah kebobolan 7 kali.

Barangkali, hal inilah yang patut dimaksimalkan Arema FC dalam mendulang angka. Kendati problem mereka justru berkebalikan, yakni seret gol sejak hengkangnya Gustavo Almeida.

Namun, justru hak itulah koreksi terpenrting yang mesti segera diselesaikan Arema FC. Kini, kontribusi Gilbert Alvarez sebagai striker baru sangat dinantikan.
 

Tinggalkan Balasan