Berita  

[Update] Aceh Besar Juara Umum FASI XIII Provinsi Aceh

BLANGPIDIE – Kafilah Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara umum dalam Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) XIII tingkat Provinsi Aceh yang diselenggarakan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Aceh di Aceh Barat Daya (Abdya), 23-25 November 2023.

Aceh Besar mengumpulkan 46 poin dan unggul dari 10 kafilah lainnya yang ikut berkompetisi.

Posisi juara II diraih Kota Subulussalam dengan 29 poin. Seterusnya juara III disusul Aceh Barat Daya dengan 22 poin dan kota Banda Aceh dengan 18 poin. Sementara Kabupaten Aceh Utara menduduki posisi kelima dengan 17 poin.

Posisi keenam diraih Kabupaten Pidie dengan 14 poin dan Kota Bireuen diposisi ketujuh dengan 13 poin. Kafilah Simeulue menduduki posisi kedelapan dengan 13 poin.

Kafilah Aceh Timur di posisi sembilan dengan 10 poin dan Nagan Raya memiliki 7 poin dengan berada di posisi kesepuluh.

Penetapan Kabupaten Aceh Besar sebagai juara umum berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim FASI Tingkat Provinsi Aceh Nomor 001.A/SK-FASI/ACEH/XI/2023.

Tropi juara umum diserahkan langsung Ketua Umum BKPRMI Dr Mulia Rahman, didampingi pengurus DPW BKPRMI Aceh, seperti Imran Zulfitri, selaku Ketua Panitia FASI ACEH – XIII 2023, Sekretaris Umum Ustaz Bukhari dan diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerja sama Tgk. Adi Darma, didampingi Ketua DPD BKPRMI Aceh Besar, Ustaz Hermansyah Zayn, serta beberapa tokoh penting di DPD BKPRMI Aceh Besar.

Ketua DPW BKPRMI Aceh Mulia Rahman dalam sambutannya berharap, ajang FASI dijadikan agenda rutin pemerintah, sehingga para santri TKA, TPA dan TQA dapat menyalurkan bakatnya, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

“Kami juga meminta pengurus DPD BKPRMI Kabupaten/Kota untuk dapat membangun sinergitas dengan Bupati/Pj Bupati dan Wali Kota/Pj Wali Kota di daerahnya masing-masing, sehingga FASI BKPRMI yang diselenggarakan nantinya mendapat dukungan penuh untuk membina insan qurani di usia keemasan,” ujarnya.

Ketua Kafilah Ketua DPD BKPRMI Aceh Besar Ustaz Hermansyah Zayn, mengaku puas dengan hasil yang diraih para santriwan/wati sebagai perwakilan Aceh Besar dalam pergelaran FASI Aceh di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kegembiraan ini tidak hanya berkaitan dengan hasil kompetisi, tetapi juga mencakup semangat, dedikasi, dan rasa tanggung jawab yang ditunjukkan oleh para perwakilan Aceh Besar selama acara tersebut.

Sehingga pengakuan kepuasan ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi pemerintah dan masyarakat Aceh Besar untuk terus mempromosikan syariat Islam di Aceh Besar, terutama sejak masa kecil.

“Semua itu sebagai upaya untuk menghidupkan syiar Islam di Aceh Besar khususnya sejak usia dini,” tutur Ustaz Hermansyah.

“Tanpa keterlibatan Allah, tentunya penampilan para santri tidak akan berjalan dengan baik. Selanjutnya, Kami juga apresiasi atas bantuan dan dukungan semua pihak dan donatur yang telah memberikan dukungan baik secara personal maupun melalui lembaga pemerintahan. Hal itu telah mendongkrak semangat para santri dalam berjuang di event provinsi kemaren sehingga membawa hasil positif seperti yang sama sama kita lihat,” sambungnya.

Senyum bahagia juga terpancar dari kafilah Kabupaten Aceh Besar karena mampu meraih juara umum dengan memenangi sejumlah perlombaan pada Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) ke XIII 2023 tingkat provinsi Aceh.

Perolehan juara Aceh Besar beberapa di antaranya adalah Juara 1 Tilawah Putra, Tahfidz Putra, Tartil TKA Putra/Putri, Tartil Putra TPA. Disusul dengan Juara 2 lomba Tilawah Putri, serta juara 3 lomba CCA TQA dan Ceramah Agama TKA Putra.

Untuk masing masing pemenang cabang lomba mendapat uang pembinaan dengan juara 1 sebesar Rp 2 juta, juara II Rp 1,5 juta dan juara III Rp 1,25 juta. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan