[Update] Daftar Klub yang Lolos Babak 12 Besar Liga 2, PSMS dan Sriwijaya FC Bersaing

Pemain PSMS, Wahyu Rahmat Illahi (dua kiri baju hijau), mencoba memberi umpan ke rekan setimnya saat bersua Semen Padang.

Veripay.id – Sembilan klub Liga 2 2023/24 telah menggenggam tiket babak 12 besar. Masih ada tiga tiket tersisa yang diperebutkan dari Grup A dan Grup C.

Dari Grup A, baru dua klub yang dipastikan lolos dari babak penyisihan grup yakni Semen Padang dan Persiraja Banda Aceh. Meski masih sisahkan satu laga, poin tim Kabau Sirah dan Laskar Rencong tidak terkejar lagi.

Semen Padang diurutan pertama dengan 24 poin dari 11 laga, sedangkan Persiraja mengoleksi 21 poin. Satu tiket tersisa dari Grup A akan diperebutkan PSMS Medan (16 poin) dan Sriwijaya FC (13 poin). 

Menariknya, kedua tim akan bertemu pada perebutan tiket terakhir. Duel tim Ayam Kinantan vs Laskar Wong Kito tersaji pada Minggu (17/12/23). 

Secara hitung-hitungan, PSMS hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak 12 besar. Sementara, Sriwijaya FC wajib memenangkan laga supaya bisa raih tiket terakhir.

Dari Grup B, tiga tim sudah dipastikan aman yakni FC Bekasi City, Malut United dan PSIM Jogjakarta. Poin ketiga klub ini sudah tidak bisa dikejar empat pesaing lainnya.

Sementara itu, persaingan di Grup C juga masih sengit. Baru satu klub yang lolos ke 12 besar yakni Persela Lamongan karena poinnya (26 poin) tidak terkejar tim di bawahnya.

Dua tiket dari Grup C masih diperebutkan oleh empat tim yakni Deltras FC, Gresik United, Persijap Jepara dan PSCS Cilacap.

Selisih poin keempat klub itu memang sangat rapat. Deltras FC afa diurutan kedua dengan 16 poin, diikuti Gresik United (16 poin), lalu Persijap (14 poin) serta PSCS (13 poin).

Tapi, yang paling berpeluang lolos ke fase berikutnya bisa dibilang Deltras FC dan Gresik United.

Deltras FC akan memainkan laga terakhir melawan Persijap. Deltras hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke babak 12 besar.

Apabila kalah dari Persijap, Deltras juga masih berpeluang lolos, tapi dengan catatan PSCS mengalahkan Gresik United pada laga pekan terakhir.

Gresik United juga hanya butuh hasil imbang lawan PSCS supaya lolos ke babak 12 besar. Jikalau pun kalah, Gresik United masih berpeluang, dengan syarat tidak kalah, lebih dari tiga gol atas PSCS dan berharap Deltras mampu mengalahkan Persijap.

Sedangkan Persijap akan lolos apabila mampu mengalahkan Deltras FC. Dan PSCS wajib menang atas Gresik United dengan selisih tiga gol jika ingin lolos ke babak 12 besar. Selain itu, PSCS juga berharap Deltras mampu menahan imbang atau mengalahkan Persijap.

Dari Grup D, semua pertandingan telah dimainkan dan tiga klub yang melaju ke fase selanjutnya adalah PSBS Biak, Persewar dan Persipal. 

Adapun regulasi Liga 2 2023/24 berbeda dengan musim lalu. Pada fase awal, ada 28 klub yang dibagi dalam empat grup, masing-masing grup terdiri dari tujuh klub.

Selanjutnya, tiga tim teratas dari klasemen fase grup akan lanjut ke babak 12 Besar. Di babak 12 besar, tim-tim tersebut dibagi lagi dalam tiga grup dan bertanding dengan sistem home away.

Pemuncak klasemen dan runner-up terbaik babak 12 besar akan lolos ke semifinal. Nantinya, dari babak semifinal itu, ada tiga tim yang promosi ke Liga 1 musim 2024/2025.

Kembali ke fase grup awal, empat klub paling bawah klasemen (16 klub) akan berjuang pada babak play-off degradasi. Nantinya, dua tim terbawah klasemen akan degradasi ke Liga 3 2024/2025. Jadi, bakal ada delapan tim yang degradasi.

Tinggalkan Balasan