Berita  

[Update] Ganjar Pranowo Ziarah ke Makam KH Mashum – Veripay.id

Veripay.id.ID MAGELANG Dalam lawatannya ke Jawa Tengah, Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyempatkan sowan ke Ponpes Al Mashum di Desa Sidoagung, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Minggu (17/12).

Kehadiran, Ganjar di pondok pesantren ini disambut langsung oleh KH Sholihun selaku pimpinan Ponpes Al Mashum. Setelah itu, didampingu KH Sholihun Ganjar berjalan kaki menuju makam KH Mashum yang tidak jauh dari kompleks ponpes.

Menurut Ganjar, KH Mashum adalah sosok guru bagi para tokoh dan kiai-kiai besar. Namun di balik kebesarannya, KH Mashum memilih lebih sering berada di pesantren.

“Beliau (KH Mashum-red) itu gurunya para tokoh, kalau di pondok istilahnya yang tidak banyak keluar jadi tidak banyak orang mengenal, tetapi ternyata banyak kiai-kiai besar yang dulu mondok di sini, maka kita ikut mendoakan,” ujar capres berambut putih itu.

Peziarah ke makam KH Mashum berasal dari berbagai daerah. Menurut Ganjar, hal itu dikarenakan KH Mashum sebagai kiai yang banyak memberikan nilai pelajaran hidup secara langsung.

Ganjar menyebut contoh, dulu area sekitar Ponpes Al Mashum termasuk daerah pertanian namun tak mendapat dukungan air irigasi maksimal. Berkat KH Mashum, pertanian dan irigasi sawah menjadi lebih hidup.

“Tadi diceritakan sejarah bagaimana membangun kemasyarakatan, sosial bahkan legendanya dulu ke sini karena area ini kering. Begitu beliau datang, pertaniannya, pengairannya hidup,” jelas Ganjar.

Ganjar menyebutkan, KH Mashum telah mengajarkan dan memberikan banyak manfaat semasa hidupnya khususnya untuk kehidupan bermasyarakat.

Menurut Ganjar, pelajaran hidup dari KH Mashum dapat menjadi inspirasi dan motivasi baginya dan juga seluruh masyarakat.

“Jadi kiai zaman dulu juga berpikir kemasyarakatan, bahkan teknis. Bayangkan pengairan pertanian sudah dipikirkan pada zaman itu. Ini sebuah pelajaran untuk kita bisa punya cita-cita yang bisa menyejahterakan banyak orang dengan ikhtiar apapun,” ucap Ganjar.

(Veripay.id)

Tinggalkan Balasan