[Update] Jebolan Timnas U-19 Putuskan Angkat Kaki dari Arema FC, Siapa Lagi Menyusul?

Pemain Arema FC, Mikael Tata mengontrol bola saat dihadang pemain Persikabo pada pekan kesepuluh laga Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Senin (28/08/23). (Foto: MO Arema FC)

Veripay.id Aksi bersih-bersih pemain muda terus digalakkan Arema FC menyusul performa kurang memuaskan sepanjang mengarungi 18 pekan Liga 1 Indonesia 2023/24.

Tim berjulukan Singo Edan sampai kini masih terus berjuang untuk keluar dari zona merah lantaran masih terkubur di urutan 16 klasemen berbekal 17 poin.

Manajemen klub kemudian berupaya untuk meningkatkan performa tim, dengan melakukan bongkar pasang pemain pada bursa transfer periode kedua.

Langkah pertama adalah mencoret beberapa nama. Terbaru, Mikael Alfredo Tata jadi pemain keempat yang dipastikan tidak lagi mengenakan jersey Singo Edan.

“Kami sudah diskusi dengan pemain dan tim pelatih. Tata memilih untuk tidak melanjutkan di Arema FC,” ujar manajer Wiebie Dwi Andriyas, Minggu (5/11/23).

Situasi yang dialami jebolan timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022 itu memang berbeda dibandingkan dengan tiga rekannya yang dicoret.

Mikael Tata disinyalir menempuh opsi putus kontrak, sedangkan Hamdi Sula Umanailo, Samsudin, dan Asyraq Gufron Ramadhan dipinjamkan ke kontestan Liga 2.

Arema FC lantas menerima permintaan sang pemain untuk melanjutkan karier dengan klub lain. Kendati eks pemain Persipura U-18 itu belum menentukan klub barunya.

“Tentu saja kami menghormati keputusan tersebut, yang memang sudah dipertimbangkan matang berkaitan dengan masa depannya,” tandas Wiebie.

Melesatnya performa Ahmad Maulana Syarief sebagai bek kiri kemungkinan besar jadi penyebab. Kendati Mikael Tata juga sempat mencicipi 13 caps di Liga 1.

Siapa Lagi Menyusul?

Kecuali Mikael Tata, langkah Arema FC untuk meminjamkan tiga pemain muda adalah karena minim mendapatkan menit bermain di Liga 1 2023/24.

Alasan itu yang membuat klub meminjamkan Hamdi Sula Umanailo (6 caps) ke PSMS Medan, beserta Samsudin (6 caps) dan Asyraq Gufron (3 caps) ke Persikab Bandung.

Jika mengacu ketentuan itu, setidaknya ada beberapa nama lagi yang juga jarang tampil. Lalu, siapa lagi pemain yang bersiap menyusul hengkang dari Arema FC?

Bayu Aji berpotensi segera cabut dari Arema FC menyusul kesempatannya yang hanya 4 kali tampil di Liga 1. Klub Liga 2 dan Liga 3 bisa jadi tujuannya.

Sementara di lini tengah, Evan Dimas sangat berpeluang berganti jersey tim lantaran tidak lagi menambah caps selepas penampilannya ke-6 kali di Liga 1 musim ini.

Lalu di sektor winger, Samuel Balinsa yang hanya tampil empat kali ikut terancam dipinjamkan. Nasib serupa juga bisa menimpa Flabio Soares yang hanya bermain 6 kali.

Sedangkan di sektor pemain asing, Ichaka Diarra sejauh ini berpeluang besar untuk dicoret. Pasalnya, bek asal Mali hanya tampil sembilan kali dari 18 pekan kompetisi.

“Tim ini harus tampil lebih efisien dan efektif lagi. Butuh waktu untuk membangun tim yang lebih konsisten dan kompetitif,” cetus pelatih Arema FC, Fernando Valente.

Tinggalkan Balasan