Berita  

[Update] Kajati Buka Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023

BANDA ACEH — Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh kembali melaksanakan seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh Tahun 2023 tingkat SMA/SMK dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh Drs Joko Purwanto SH pada Jum’at (8/12/2023) di Hotel Grand Aceh Syariah, Lamdom, Banda Aceh.

Bertepatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia), Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh 2023 mengusung tema “Maju Membangun Negeri Tanpa Korupsi”.

Kajati Aceh Joko Purwanto mengatakan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum 2023 merupakan tindak lanjut kerja sama dengan Dinas Pendidikan Aceh yang sudah berjalan 10 tahun.

“Biasanya dilaksanakan bulan Desember, kerena di Desember merupakan momen memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia),” sebut Joko Purwanto.

Lebih lanjut Kajati menjelaskan kegiatan mengandung nilai positif bagi siswa-siswi di Aceh terutama dalam hal pengenalan hukum dan patuh terhadap hukum.

“Salah satu yang sederhana adalah memberikan kesadaran dan kepatuhan terhadap tata tertib dan peraturan disekolah,” jelasnya.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini diharapkan bisa menjaga siswa dari perbuatan melanggar hukum, menjaga diri untuk tidak terpengaruh dengan narkoba maupun kejahatan lainnya.

Itu sebabnya, Kajati berpesan kepada para peserta Duta Pelajar Sadar Hukum dapat memberi contoh yang baik, teladan bagi teman-teman yang lain dan juga menjadi role model pelajar yang taat pada aturan hukum.

Peserta Duta Pelajar Sadar Hukum ini merupakan perwakilan hasil seleleksi dan juara di tingkat kabupaten/kota di Aceh. Mereka akan berlomba memperebutkan peringkat I Duta Pelajar Sadar Hukum Provinsi Aceh.

Adapun materi/tema perlombaan di antaranya penerapan Restorasi Justice (RJ), bijak bermedia sosial, tugas-tugas dan wewenang kejaksaan, peranan siswa sebagai Pemilih Pemula dalam Pemilu/Pilkada serta peranan pelajar dalam memberantas korupsi-narkotika. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan