[Update] Kick off Januari, Ini Format Babak 12 Besar dan Play Off Degradasi Liga 2 2023

Wasit Agus Walyanto menganulir gol yang dicetak Rosalvo Junior karena ada pemain Deltras FC yang belum kembali ke lapangan pada laga Pegadaian Liga 2 (08/12/23). (Foto: Fitra Herdian/Veripay.id)

Veripay.id – Liga 2 2023/24 telah menyelesaikan babak pendahuluan. Sudah ada 12 klub yang lolos ke babak 12 besar dari 28 klub yang sebelumnya bersaing di empat grup.

Adapun 12 klub yang Lolos ke babak 12 besar dari masing-masing adalah Semen Padang FC, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan (Grup 1). Lalu Bekasi City FC, Malut United, PSIM Yogyakarta dari Grup 2.

Selanjutnya, Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, Gresik United dari Grup 3. Dan terakhir dari Grup 4 ada PSBS Biak, Persewar Waropen, Persipal Palu.

Tim yang akan bersaing dalam babak 12 besar lantas dibagi dalam tiga grup. Pada Grup X ada Semen Padang FC, Persiraja Banda Aceh, PSMS Medan, dan PSIM Yogyakarta.

Kemudian Grup Y diisi Bekasi City FC, Persela Lamongan, Malut United, dan Deltras. Adapun Grup Z diisi PSBS Biak, Persewar Waropen, Persipal Palu BU, dan Gresik United.

Untuk babak 12 besar, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyampikan, kick off akan dilakukan pada 6 Januari. Begitu pula dengan play off degradasi (16 tim yang gagal lolos ke babak 12 besar). 

Hal itu disampaikan CEO LIB, Ferry Paulus dalam jumpa pers ‘Club Owners Meeting Liga 2 2023/2024’ di Hotel Century Park, Senayan, Selasa (19/12/23). 

“Jadwal lanjutan 12 besar maupun 16 besar (play off degradasi), dimulai bersamaan pada tanggal 6 Januari. Kemudian berakhir sampai 3 Februari 2024,” kata Ferry.

Babak 12 besar akan digelar dengan sistem home away. Nantinya, toga juara grup ditambah satu runner up terbaik akan mendapat tiket ke semifinal.

“Kemudian lanjut setelah pemilu (pemilihan umum) itu lanjut ke empat terbaik, juara tiga grup ditambah satu runner-up terbaik untuk memperebutkan tiga tim, sistem round robin,” ujar Ferry Paulus.

Untuk babak play off degradasi, Ferry Paulus menjelaskan, formatnya juga masih home away dan dibagi dalam empat grup. Dua tim terbawah dari masing-masing grup akan langsung degradasi, artinya ada delapan klub yang turun ke Liga 3.

“Kalau 16 besar (play off degrdasi), itu mulai anggal 6 Januari sampai 3 Februari 2024, itu selesai full. Kemudian dua tim terbawah dari masing-masing grup akan terdegradasi dan ranking satu dan dua dari masing-masing grup itu yang bertahan di Liga 2,” jelasnya.

LIB menyampaikan, semua persiapan berjalan lancar termasuk soal keamanan. LIB terus berkoordinasi dengan Kepolisian mengingat akan ada Pemilu pada Februari 2024.

“Izin tak ada perubahan, masih sama, besok (hari ini-red) kita akan ketemu dengan kepolisian. Tanggal dan sistemnya telah kita sampaikan, jadi tinggal ke Mabes. Secara prinsip tidak ada perubahan, dan jalan seperti jadwal semula,” tutur Ferry Paulus.

Sejauh ini, LIB hanya tinggal menunggu laporan terbaru soal venue, karena ada tiga klub yakni Malut United, Persiraja Banda Aceh dan Deltras yang mesti mencari stadion alternarif.

Tinggalkan Balasan