Berita  

[Update] Lomba Seumapa Warnai PKA-8, Seni Berpantun Menyambut Mempelai dalam Resepsi Perkawinan

BANDA ACEH – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 diwarnai dengan berbagai perlombaan seni dan budaya, salah satunya lomba Seumapa.

Lomba Seumapa atau berbalas pantun digelar selama dua hari, 7-8 November 2023, di Taman Seni Budaya, Banda Aceh. Pesertanya berasal dari 23 kabupaten/kota se-Aceh.

Sub Koordinator lomba Seumapa, Beni Arona mengatakan, meski dibuka untuk 23 kabupaten/kota, namun hanya diikuti 13 daerah, seperti Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Aceh Besar dan lainnya.

Beni menyebutkan, adapun dewan juri pada lomba Seumapa berasal dari tokoh seniman, akademisi, dan Majelis Adat Aceh. Mereka adalah Media Hus, Keuchik Ramli Dr Jamhuri MA, dan Tgk Banta Khairullah.

Veripay.id mengatakan masing-masing peserta lomba menunjukkan kepiawaiannya dalam berseni pantun. Konsep dalam lomba ini tentang tradisi penyambutan mempelai pria atau wanita dalam resepsi perkawinan.

Kata dia, masing-masing peserta diberi kesempatan durasi selama 15 menit untuk berbalas pantun dalam bahasa Aceh.

“Ada yang menarik, para peserta mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing,” ungkapnya, Rabu, 8 November 2023.

Beni menyebutkan ada beberapa kriteria dari dewan juri dalam penilaian lomba Seumapa ini, seperti salam penyambutan, struktur dalam Seumapa, kebahasaan, dan adab.

Menurutnya, Seumapa merupakan aset budaya yang harus dilestarikan masyarakat Aceh, karena di dalamnya terkandung pesan moral, nilai-nilai keagamaan, dan seni.

“Jadi kita mengambil tema tentang perkawinan, di dalam berseumapa ini terdapat pesan-pesan moral, bagaimana menghormati tamu, menghormati sesama pasangan mempelai. Selain itu juga saling mengenalkan adat istiadat dan budaya dari masing-masing mempelai,” jelasnya. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan