[Update] Penjelasan Persib soal Pelepasan Frets Butuan dan Durasi Kontrak 2 Pemain Baru

Persib Bandung, memberikan penjelasan mengenai pelepasan Frets Butuan. Foto: Arif Rahman/Veripay.id.

Veripay.id – Manajemen Persib Bandung, memberikan penjelasan mengenai pelepasan Frets Butuan pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023-2024.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, manajemen menyetujui permohonan undur diri Frets Listanto Butuan sehubungan penugasan barunya ke Kodam XVI/Pattimura dan pertimbangan alasan keluarga

Karena dipindahtugaskan ke Kodam XVI/Pattimura, sejak pertengahan November 2023, Frets sudah tidak bergabung dalam sesi latihan Persib, dan dia juga tidak tampil pada pertandingan menghadapi Dewa United, Minggu, 26 November 2023 lalu.

“Kalau kalian perhatikan, Frets sudah tidak berlatih di Persib, sejak 14 November lalu, jadi memang Frets ditugaskan ke Kodam XVI/Pattimura di Ternate, dan keluarganya juga ada di sana, jadi faktor penugasan dan faktor keluarga,” kata Teddy Tjahjono.

Lebih lanjut Teddy menuturkan, karena usia Frets Butuan masih produktif, maka yang bersangkutan akan melanjutkan karier sepak bolanya di klub yang dekat dengan tempat tugasnya, yakni Malut United.

“Dia mengajukan pengunduran diri, tapi karena memang dia masih usia produktif, masih ingin melanjutkan karier bermain bola, jadi Frets mencari klub di Ternate sesuai dengan tempat tugas dia,” ungkapnya.

Manajemen Malut United sendiri sudah menjalin komunikasi dengan manajemen Persib, apalagi kontrak pemain yang berposisi sebagai winger tersebut baru akan berakhir pada 2025.

“Supaya secara penugasan bisa mudah bergabung ke klub itu, akhirnya mereka ada kesepakatan dengan Malut United, karena frets masih terikat kontrak, malut berkomunikasi dengan kita. Kontrak sampai Maret 2025,” jelasnya.

Pemain bernomor punggung 21 tersebut bergabung dengan Persib di kompetisi Liga 1 tahun 2019 dari PSMS Medan. Selama lima musim berseragam Persib, Frets telah tampil dalam 90 pertandingan kompetisi dengan sumbangan 11 gol.

Pertandingan terakhir Frets bersama Persib yakni pada laga kandang kompetisi Liga 1 2023-2024 melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, 11 November 2023 lalu.

Soal Kedatangan Dua Pemain

Sementara itu, pada bursa transfer paruh musim kompetisi Liga 1 2023-2024, Persib juga mendatangkan dua pemain asing yakni Kevin Ray Mendoza Hansen dan Stefano Beltrame.

Kevin merupakan pemain yang berposisi sebagai kiper, bergabungnya pilar kelahiran Herning, Denmark, 29 September 1994, ini diharapkan bisa menambah kekuatan tim Maung Bandung di posisi penjaga gawang.

Apalagi, saat ini tim kebanggaan Bobotoh sedang bersaing di papan atas klasemen Liga 1 2023-2024, sehingga diharapkan kehadiran bisa membuat lini pertahanan Persib semakin kuat.

Selain itu, durasi kontrak Kevin Ray Mendoza Hansen bersama skuad Maung Bandung, menurut Teddy manajemen mengikat kontrak kiper anyar tersebut selama 18 bulan.

Di sisi lain, Stefano Beltrame merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang serang. Manajemen Persib mengikat kontrak pemain kelahiran Biella, 8 Februari 1993 tersebut dengan durasi singkat yakni setengah musim atau 6 bulan.

Meski demikian, manajemen Persib dan Stefano membuka opsi perpanjangan, dengan demikian peluang sang pemain untuk tetap bertahan di skuad Maung Bandung pada kompetisi musim depan sangat terbuka.

Teddy mengungkapkan, alasan perbedaan durasi kontrak Kevin dan Stefano Beltrame, menurutnya hal itu merupakan rekomendasi dari Bojan Hodak.

Selain itu, Bojan Hodak pasti memiliki beberapa pertimbangan yang membuat durasi kontrak dua pemain asing tersebut berbeda.

“Ya mungkin perbedaannya kembali ke rekomendasi pelatih, kalau Stefano Beltrame kan karena mungkin pelatih belum pernah kerja sama, mungkin, silakan cross check ke Bojan, ditanyakan ke pelatih,” ungkapnya.

“Jadi kalau Kevin kan sudah pernah, anak buah dia di KLFC, jadi pasti ada chemistry, pernah kerja sama, jadi pasti ada dasar itu direkomendasikan untuk direkrut selama 18 bulan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan