Berita  

[Update] PWI Provinsi Jaring Calon Penerima ‘Anugerah PWI 2024’ di Daerah

JAKARTA — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) saat ini sedang melakukan penjaringan nama-nama tokoh, organisasi, dan kelompok masyarakat yang selanjutnya akan diseleksi untuk dinobatkan sebagai penerima Anugerah PWI 2024.

Nama-nama penerima Anugerah PWI 2024 akan diumumkan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 yang akan dilaksanakan 9 Februari 2024.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Senin (6/11) mengatakan, Anugerah PWI 2024 adalah kelanjutan dari pemberian penghargaan PWI pada tahun-tahun sebelumnya yang dulunya dikenal dengan Anugerah Kebudayaan PWI.

Mulai 2024 pemberian penghargaan tidak hanya pada mereka yang berkontribusi besar terhadap kebudayaan Indonesia melainkan diperluas ke dalam tiga bidang lainnya yakni pendidikan, lingkungan hidup dan ekonomi rakyat dalam hal ini UMKM.

Hendry menjelaskan, pada 2024 ini terdapat empat kategori, yakni:

1. Penghargaan kepada Bupati dan Wali Kota yang peduli dengan pers dan kebudayaan;
2. Anugerah PWI Bidang Lingkungan Hidup;
3. Anugerah PWI Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan;
4. Anugerah PWI Bidang Pendidikan.

Usulan PWI Provinsi

Proses penjaringan penerima Anugerah PWI dilakukan secara terbuka melalui usulan PWI Provinsi.

Para pengurus PWI di provinsi, kabupaten/kota dapat merekomendasikan nama-nama beserta portofolio keberhasilan yang sudah dilakukan para calon penerima.

Sedangkan kepada masyarakat luas dapat juga mengusulkan nama-nama yang pantas melalui PWI Provinsi.

Dalam Surat Edaran PWI Pusat kepada PWI Provinsi seluruh Indonesia disampaikan agar para pengurus proaktif menjaring nama-nama yang layak di daerahnya masing-masing.

Pengajuan nama hanya boleh satu nama di setiap bidangnya. Nama yang diajukan, akan dinilai oleh tim yang dibentuk panitia Anugerah PWI paling lambat diterima panitia dan PWI Pusat pada 27 November 2023.

Pengajuan nama calon penerima Anugerah PWI disertakan dengan foto, biodata, prestasi. karya dan pengabdiannya.

PWI Pusat sudah membentuk Panitia Anugerah PWI 2024 yang dipimpin Dheni Kurnia bersama Benny Benke (Sekretaris) dan para anggota masing-masing AR Lubis, Herry Rawas, Djunaidi Tjunti Agus, Eka Putra Nazir dan Wina (Sekretariat).

Ketua Panitia Anugerah PWI 2024, H Dheni Kurnia menambahkan beberapa kriteria untuk setiap bidang penghargaan.

Pertama, Anugerah PWI kepada Bupati, Wali Kota Peduli Pers dan Kebudayaan.

Jika sebelumnya PWI memberikan kepada 10 bupati/wali kota maka pada 2024 diberikan hanya kepada tiga bupati/wali kota.

“Anugerah ini diberikan kepada bupati dan wali kota di Indonesia yang peduli kepada kebudayaan nasional dan pro terhadap kemerdekaan pers yang bertujuan untuk mengakui dan mendorong tindakan dan kebijakan pemerintah daerah yang mendukung keberlanjutan budaya dan menjunjung tinggi kebebasan pers,” kata Dheni.

Dheni menyebutkan beberapa kriteria yang digunakan yakni
1. Bupati dan wali kota yang memperlihatkan komitmen dalam memelihara, melestarikan, dan mempromosikan budaya lokal dan tradisi masyarakat di wilayah mereka.

2. Mendorong dan mendukung perkembangan industri kreatif dan seni budaya di daerah mereka, seperti seni rupa, musik, tari, dan kerajinan lokal.

Penerima anugerah ini adalah mereka yang melibatkan masyarakat dalam upaya pengembangan seni budaya daerah dan memberikan dukungan bagi inisiatif masyarakat dalam melestarikan warisan budaya.

3. Mendorong pariwisata budaya di wilayah mereka dengan cara yang berkelanjutan, sehingga budaya lokal dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Penerima anugerah ini terlihat cakap bekerja sama dengan organisasi budaya, lembaga non-pemerintah, dan sektor swasta dan kelompok masyarakat untuk mendukung kegiatan kebudayaan dan pelestarian budaya.

4. Mendukung kebebasan pers dan bekerja sama dengan media di wilayah mereka serta memiliki hubungan yang baik dengan komunitas wartawan, khususnya organisasi PWI Kabupaten/Kota, dan media lokal serta terbuka terhadap dialog yang konstruktif.

5. Mampu menunjukkan dampak positif kebijakan dan program kebudayaan yang berdampak pada pengembangan pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Kedua, Anugerah Bidang Lingkungan Hidup Indonesia untuk individu, kelompok, organisasi atau lembaga yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang pelestarian lingkungan di Indonesia.

Penghargaan ini mencakup berbagai aspek, seperti konservasi alam, keberlanjutan, inovasi teknologi lingkungan, pendidikan dan kesadaran lingkungan, atau upaya lain yang berdampak positif pada kelestarian lingkungan di lndonesia.

Ketiga, Anugerah PWI Bidang UMKM Indonesia yang ditujukan individu, kelompok, organisasi, atau lembaga yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang yang mendukung usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia yang terbukti telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan dampak positif pada masyarakat dan ekonomi negara.

Penghargaan ini bertujuan untuk menghargai dan mendorong UMKM yang telah berkinerja baik, inovatif dan berkelanjutan.

Keempat, Anugerah Bidang Pendidikan Indonesia yang diberikan kepada individu, kelompok masyarakat, lembaga atau organisasi yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang pendidikan di Indonesia.

Penghargaan ini bertujuan untuk menghargai upaya dan prestasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mendorong inovasi dalam proses pembelajaran, dan memberikan dampak positif pada siswa, lembaga pendidikan, dan masyarakat secara lebih luas. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan