Berita  

[Update] Rumah Sakit Hermina Resmi Beroperasi di Aceh Besar

INGIN JAYA — Rumah Sakit Hermina Aceh resmi beroperasi di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Peresmian ditandai dengan dibukanya RS Hermina Aceh dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dan Tuha Peut Lembaga Wali Nanggroe Sulaiman Abda sebagai simbol dimulainya misi RS Hermina Aceh di Gampong Ajee, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (11/12/2023).

Ikut mendampingi pengguntingan pita Direktur Utama PT Medika Loka Hermina Tbk dr Hasmoro dan Direktur Rumah Sakit Hermina Aceh.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Direksi RS Hermina serta seluruh jajaran yang telah berinisiatif serta berkomitmen membangun RS Hermina di Aceh, yang berlokasi di Kabupaten Aceh Besar, sehingga hari ini dapat dilaksanakan grand openingnya.

“Kehadiran RS Hermina ini tentunya akan memberikan penguatan dalam pembangunan dan pelayanan terutama di bidang kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya Iswanto mengatakan, kesehatan menjadi salah satu syarat utama dalam membentuk insan yang produktif dan berdaya saing. Karena itu, kesehatan menjadi prioritas utama dalam program pembangunan.

Dalam hal ini juga untuk mencapai pembangunan di bidang kesehatan secara paripurna.

“Tentunya juga dibutuhkan sinergitas kerja sama dengan semua pihak terkait, dalam hal ini dengan hadirnya RS Hermina memberikan energi baru yang memperkuat pelaksanaan layanan kesehatan di Aceh, khususnya Aceh Besar,” ucapnya.

Selain itu juga menurut Iswanto, hadirnya RS Hermina Aceh ini dengan fasilitas serta penunjang medis sangat memadai, tentunya menjadi sebuah kebahagian bagi masyarakat Aceh khususnya Aceh Besar dimana dengan harapan tersedianya pelayanan yang cepat dan akurat dengan didukung ketersediaan tenaga medis yang memadai, disiplin, loyal, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas dan kewajibannya.

“Semoga hadirnya RS Hermina dengan fasilitas yang memadai ini, dapat memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Besar mendapatkan layanan berkualitas di sektor kesehatan.

Karena Rumah Sakit Hermina merupakan salah satu Rumah Sakit terbaik di Indonesia,” ungkapnya.

Pj Bupati Aceh Besar berharap Manajemen RS Hermina Aceh dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan baik di RS Hermina.

Di akhir sambutannya Iswanto kembali mengucapkan terima kasih dan menyampaikan semoga momentum ini tidak hanya sekedar kegiatan seremoni, tetapi lebih jauh lagi bisa menjadi kebanggaan, mampu meningkatkan derajat kesehatan dan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat khususnya Aceh Besar.

Sebelum RS Hermina diresmikan, Pj Bupati bersama Pimpinan Dayah Ulee Titi Abu Athaillah serta Forkopimda Aceh, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli dan Kapolres Aceh Besar AKBP Carlie Syahputra Bustamam, Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk Dr. Hasmoro dan Direktur RS Hermina Aceh Tri Kurnianto Sp.B juga mempeusijuek atau menepungtawari sekaligus memantau kamar pasien di RS Hermina.

RS Hermina merupakan rumah sakit swasta milik anggota Hermina Grup ke-47. RS Hermina hadir untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat di wilayah Aceh.

Sementara Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk Dr Hasmoro mengatakan RS Hermina Aceh ini memiliki luas tanah 8.081 M2 dengan memuat 59 mobil untuk parkir roda 4 dan memuat 130 motor untuk parkir roda 2.

“Jumlah tempat tidur dapat dikembangkan menjadi 100 TT, kami mempunyai keinginan menjadikan Rumah Sakit Hermina Aceh sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan terutama untuk pelayanan emergency, ibu dan anak dan Perinatologi,” ujar dr Hasmoro selaku Direktur Utama PT Medikaloka Hermina Tbk.

Dia menjelaskan, RS Hermina dilengkapi fasilitas ruang IGD, OK, ICU, PICU/NICU, VK dan penunjang medis berupa Farmasi, Laboratorium, dan Radiologi, serta pengelola limbah cair (IPAL), gardu travo listrik PLN tersendiri dan genset.

“RS Hermina Aceh dikelola dengan standar manajemen pelayanan medis, manajemen keperawatan, manajemen logistik, manajemen personalia, manajemen keuangan dan manajemen operasional yang didukung dengan SIMRS standar RS di dalam grup Hermina, ” jelasnya.

Adapun tujuan standarisasi manajemen tersebut agar tercapai tingkat efisiensi dan efektifitas yang tinggi dalam waktu yang cepat untuk pasien Non BPJS maupun BPJS.

Hasmoro berharap hadirnya RS Hermina ini bisa diterima oleh masyarakat Aceh. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Aceh Besar baik Dinas Kesehatan maupun Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang telah mengawal RS Hermina ini mulai proses perizinan pendirian hingga perizinan aktivitasnya,” pungkas Hasmoro. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan