[Update] Sriwijaya FC Kena Sunat 3 Poin, Semen Padang Naik ke Puncak Klasemen Liga 2

Logo Pegadaian Liga 2. (Foto: Herry Ibrahim/Veripay.id)

Veripay.id – Sanksi pengurangan tiga poin Sriwijaya FC akhirnya sah diterapkan. Posisi PSMS Medan naik satu tingkat dan Semen Padang berada di puncak klasemen sementara Grup 1 Liga 2 Indonesia 2023/24.

Diketahui, Sriwijaya FC dijatuhi sanksi pengurangan tiga poin tersebut buntut dari hasil sidang Komisi Disiplin (Komdis) PSSI beberapa waktu lalu.

Sanksi diberikan atas laporan dari pihak Semen Padang, berkaca dari duel kedua tim di Palembang ketika putaran pertama babak pendahuluan grup pada 1 Oktober lalu.

Dalam laga yang berakhir imbang 1-1 tersebut, Sriwijaya FC melanggar regulasi tidak menurunkan satu pemain U-21 sejak menit awal alias di starting eleven mereka.

Berkaca kejadian itu, Komdis PSSI menetapkan Semen Padang menang WO 3-0 atas tuan rumah Sriwijaya alias mendapat tiga poin dan Laskar Wong Kito juga diberi sanksi tambahan berupa denda Rp45 juta.

Pihak manajemen Sriwijaya FC sempat mengajukan banding perihal sanksi pengurangan poin tersebut, namun ditolak PSSI, sehingga hasil imbang 1-1 sebelumnya dibatalkan.

Dengan penerapan sanksi tadi, dikutip dari daftar klasemen di laman resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB), Senin (6/11/23), Semen Padang, berhak untuk sementara naik posisi puncak klasemen sementara Grup 1 dengan total 16 poin dari tujuh laga (5 menang, 1 seri, 1 kalah).

Semen Padang unggul dua poin dari Persiraja Banda Aceh yang sebelumnya di puncak dan harus turun ke posisi runner-up dengan 14 poin yang baru melakoni enam pertandingan.

Sementara PSMS yang sebelumnya berada di peringkat ke-4, berhak naik ke peringkat ke-3 (8 poin), sedangkan Sriwijaya FC harus turun satu tangga ke posisi ke-4 dengan torehan 6 poin dari tujuh laga (2 menang, 3 seri, 2 kalah).

Terkait hal itu, pelatih Sriwijaya FC, Muhamad Yusup Prasetiyo, mengaku pihaknya memilih untuk menatap laga selanjutnya demi bisa finis 3 besar klasemen akhir Grup 1 alias lolos ke babak 12 besar Liga 2 2023/24.

Terlebih, Sriwijaya FC akan menghadapi Persiraja Banda Aceh di Palembang, Senin (13/11/23). Mereka berambisi membayar kegagalan mereka usai takluk 0-2 di pertemuan pertama lalu saat di Banda Aceh beberapa waktu lalu.

“Tetap sama di lima game sisa adalah lakukan yang terbaik demi dapat tiga poin di setiap pertandingannya, baik home maupun away,” tandas pelatih yang akrab disapa Yoyok tersebut.

Tinggalkan Balasan