[Update] Tim Jatim Kuasai Tiket 12 Besar Liga 2 Grup 3, Bagaimana Posisi Akhir Mereka?

Veripay.id – Babak pendahuluan Grup 3 akhirnya merampungkan 12 pekan kompetisi Liga 2 musim 2023/2024. Sebanyak 3 tim teratas berhak tampil di babak 12 besar.

Uniknya, tiga tiket menuju babak 12 besar dikuasai oleh tim-tim asal Jawa Timur. Ketiga tim tersebut adalah Persela Lamongan, Deltras FC dan Gresik United. 

Sementara tim-tim Jawa Tengah harus melanjutkan aksinya pada babak play-off degradasi untuk menghindari ancaman turun kasta ke Liga 3 musim depan.

Ada empat tim yaitu Persijap Jepara yang finis di urutan 4 klasemen dengan 14 poin, disusul PSCS Cilacap (13), Persipa Pati (11) dan Persekat Tegal (11). 

Lantas, bagaimana posisi akhir tiga tim peraih tiket menuju babak 12 besar? Bagaimana juga penempatan mereka di babak perebutan 3 tiket promosi ke Liga 1 nanti?

Persela Lamongan

Berdasarkan Regulasi Liga 2 2023/2024, Persela akan menempati Grup Y pada babak 12 besar. Grup ini dihuni 4 tim, salah satunya Persela sebagai juara Grup 3.

Sayang, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir meraih hasol antiklimaks pada pekan pemungkas. Keinginan happy ending gagal total setelah dipermak Persipa Pati 1-3.

Kekalahan itu pun menodai ketangguhan Persela yang tak terkalahkan dalam 5 laga home sebelumnya. Namun, mereka tak terusik di puncak klasemen dengan 26 poin.

Sedangkan di babak 12 besar nanti, Persela akan bertemu lagi dengan Deltras FC. Sedangkan 2 lawan lainnya berasal dari juara dan runner up Grup 2.

FC Bekasi City saat ini masih memuncaki klasemen dengan 23 poin, disusul Malut United (22) dan PSIM Yogyakarta (21). Ketiga tim masih bertanding 1 kali lagi.

Deltras FC 

Tim berjulukan The Lobster ini memungkasi rangkaian jadwal babak pendahuluan grup dengan manis. Pada laga 12, mereka menundukkan Persijap Jepara 1-0.

Hasil itu mengantar Deltras FC finis sebagai runner-up grup 3 dengan 19 poin. Anak asuh Widodo Cahyono Putro pun tergabung lagi dengan Persela di Grup Y.

Sejatinya, Deltras FC dan Gresik United sama-sama mengumpulkan 19 poin. Tapi Deltras unggul head to head dengan dua kali kemenangan 2-1 dan 2-1.

Deltras maupun Persela masih akan menunggu klasemen akhir Grup 3. Lawan tanding di babak 12 besar ada di antara FC Bekasi City, Malut United dan PSIM Yogyakarta.

Gresik United

Tim berjulukan Laskar Joko Samudro menjadi pemegang tiket terakhir Grup 3 ke babak 12 besar. Kemenangan telak 3-0 atas PSCS Cilacap jadi penentunya.

Karena kalah head to head dengan Deltras FC (2 kali kalah 1-2), maka Gresik United harus puas finis di peringkat 3 meski sama-sama memiliki 19 poin.

Tak pelak, Renshi Yamaguchi dkk harus bersiap tampil lebih tangguh lagi di babak 12 besar. Lantaran sebagai peringkat 3 grup 3, mereka harus menempati Grup Z.

Grup itu dihuni oleh 3 tim teratas klasemen grup 4 yakni PSBS Biak (26 poin), Persewar Waropen (20) dan Persipal Palu Babel United (16)
 

Tinggalkan Balasan