[Update] Tmnas Indonesia Kehilangan Andy Setyo yang Cedera Jelang Melawan Irak

Andy Setyo dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia yang dipimpin oleh Shin Tae, yong pada Selasa, (17/02/20) silam.

Veripay.idKekuatan Timnas Indonesia dipastikan berkurang saat melawan Irak di laga tandang Kualifikasi Piala Dunia Grup F Zona Asia. Hal ini dikarenakan satu pemain belakang Timnas Indonesia, Andy Setyo, mengalami cedera.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Irak di laga perdana grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda menghadapi Irak di Stadion Basra Internasional pada 16 November mendatang.

Namun jelang laga ini bek Timnas Indonesia, Andy Setyo dipastikan tidak akan diikutsertakan dalam rombongan. Bek Persikabo 1973 ini mengalami cedera.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji. Andy mengalami cedera betis dan membutuhkan waktu untuk pemulihan.

“Ada cedera di betis, digerakkan sakit dan ada bengkak. Jadi tidak dibawa, karena kalau dibawa memakan waktu penyembuhannya,” kata Sumardji kepada wartawan.

Meski Andy Setyo mengalami cedera, Sumardji memiliki keyakinan bahwa kekuatan lini belakang Timnas Indonesia tidak akan kendur. Sebab masih ada beberapa pemain belakang lainnya yang kondisinya cukup bugar.

“Belakang cukup aman (komposisi pemain). Jadi kami tidak bawa Andy Setyo.”

Dengan begitu, hanya ada 25 pemain yang memperkuat Timnas Indonesia. Satu pemain lagi yang absen adalah Yakob Sayuri, karena izin untuk melaksanakan pernikahan.

“Awalnya, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 27 pemain. “Total hanya 25, 2 tidak dapat memperkuat Timnas,” ujar Sumardji

Timnas Indonesia sendiri sudah bertolak ke Irak dini hari tadi. Namun dalam gelombang pertama baru 16 pemain yang berangkat. Sisanya akan menyusul karena masih ada yang harus membela klubnya di ajang Liga 1 2023-2024.

Memang dari jadwal Liga 1 yang ada masalah ada pertandingan Dewa United melawan PSM Makassar dan juga Borneo FC melawan Bali United. 

Dari dua laga ini setidaknya terdapat empat pemain yang masih harus membela klubnya di Liga 1. Mereka antara lain, Ricky Kambuaya (Dewa United).

Sementara itu, untuk pemain yang berkiprah di luar negeri akan langsung bergabung di Irak.

Mereka adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Asnawi Mangkualam Bahar (Jeonnam Dragons), Shayne Pattynama (Viking FK), Sandy Walsh (KV Mechelen), Saddil Ramdani (Sabah FA), Rafael Struick (Ado den Haag), Jordi Amat (Johor Darul Ta’zim), Ivar Jenner (FC Utrecht), dan Marselino Ferdinan (KMSK Deinze).

Tinggalkan Balasan