Berita  

[Update] Warga Darul Kamal Antusias Belanja di Operasi Pasar Khusus Pemkab Aceh Besar

ACEH BESAR — Ratusan warga Darul Kamal, Aceh Besar antusias berbelanja saat operasi pasar khusus yang dilaksanakan dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi oleh Pemkab Aceh Besar, melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar, bekerja sama dengan Perum Bulog Kanwil Aceh, di Gampong Lamsod, Rabu (15/11/2023).

Masyarakat yang mengetahui kegiatan pasar khusus itu melalui pengumuman dari pihak kecamatan dan keuchik, langsung bergegas menuju lokasi.

Satu jam menjelang dibukanya pasar khusus, puluhan warga sudah mulai antri untuk memperoleh kupon lebih awal. Tentu hal itu dikarenakan, barang-barang kebutuhan pokok yang dijual di pasar khusus ini lebih murah dari harga yang ada di pasaran.

Tepat pukul 09.00 WIB saat dibukanya gelaran pasar khusus, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melalui Kasi Analis perdagangan Diskopukmdag Aceh Besar Abdul Hadi menyerahkan secara simbolis paket belanja pasar khusus dan diikuti oleh Camat serta unsur Forkopimcam Darul Kamal kepada masyarakat yang berbelanja.

Pada kesempatan itu, Abdul Hadi menyampaikan, pelaksanaan pasar khusus merupakan program strategis Pemkab Aceh Besar, dalam rangka stabilisasi harga pangan serta pengendalian inflasi.

“Sesuai arahan Pj Bupati, kita di Aceh Besar menggelar pasar khusus dengan sasaran langsung ke masyarakat kurang mampu, dalam upaya mendorong daya beli serta tentunya untuk menekan angka inflasi di Aceh Besar saat ini,” katanya.

Untuk itu, Abdul Hadi berharap pasar khusus yang digelar oleh Pemkab tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Aceh Besar secara menyeluruh. Sehingga kebutuhan rumah tangga masyarakat Aceh Besar bisa terpenuhi.

“Semoga 350 paket kupon yang kami sediakan ini bisa terpenuhi kebutuhan rumah tangganya di Darul Kamal,” ujarnya.

Sementara salah seorang warga Lamkunyet Saifuddin (56) mengatakan, pasar khusus yang digelar di Darul Kamal sangat membantu dirinya dan warga lain untuk mendapatkan komoditas barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Dia berharap agar Pemkab Aceh Besar terus mengadakan pasar khusus ini, dan lebih diutamakan lagi di daerah terpencil.

“Pasar khusus ini sangat banyak manfaat bagi kami orang kecil, semoga ke depan pasar khusus ini terus digelar di daerah kami dan kuponnya pun kalau bisa ditambahkan lagi serta jika memungkinkan ya sebulan sekali lah,” ujarnya.

Salah seorang pembeli lainnya Safrianti (39), juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Perum Bulog yang sudah menggelar pasar khusus di gampongnya.

“Kami sangat senang dengan kehadiran pasar khusus ini, semoga ke depan kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi,” ujarnya usai membeli satu paket sembako pada pasar khusus.

Sementara seorang warga Lambate Rohana (52) mengatakan, pasar khusus tersebut sangat membantu masyarakat karena untuk hari ini harga sembako di pasar yang sangat mahal.

“Kegiatan pasar khusus ini sangat membantu masyarakat, karena harga sembako hari ini yang dijual di pasar terus melonjak setiap harinya, jadi dengan hadirnya pasar khusus ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama saya sendiri, satu paket yang saya belikan ini paling lama bertahan hanya seminggu” ujar wanita yang memiliki tujuh anggota keluarga ini.

Pada gelaran pasar khusus selain dihadiri Kabid Pasar dan Kasi analis perdagangan Diskopukmdag Aceh Besar, perwakilan Perum Bulog Kanwil Aceh, juga dihadiri Camat dan Forkopincam Darul Kamal, Keuchik dan perangkat Gampong Lamsod beserta ratusan warga Darul Kamal.

Adapun untuk harga pasar murah yang digelar di Gampong Lamsod meliputi beras premium 10 kg Rp. 90.000/sak, gula 2 Kg Rp. 24.000, minyak goreng 2 liter Rp. 30.000, telur ayam satu papan (30 butir) Rp.39.000 dan tepung terigu 1 kg Rp. 10.000 dengan total satu paket Rp. 193.000. (Veripay.id)

Tinggalkan Balasan